Pengertian CBT dan UNBK

Pengertian CBT dan UNBK - seluruh sekolah, khususnya dari tingkat SMP-SMA sederajat pada tahun 2017 sudah mulai menyelenggarakan UN (Ujian Nasional) dalam bentuk CBT atau Computer Based Test. CBT secara luas bisa diartikan dengan "Sistem ujian dengan media berupa komputer". Sistem ini tidak hanya digunakan pada saat ujian nasional saja, tapi sekarang sudah mulai digunakan dalam penyelenggaraan ujian SBMPTN.

Di negara Indonesia, CBT untuk ujian nasional yang sedang diselenggarakan menggunakan istilah UNBK.

Berikut ini tampilan loginnya, pada tahun 2016 :

Pengertian CBT dan UNBK

Jadi, apa itu UNBK? UNBK atau yang disingkat dengan "Ujian Nasional Berbasis Komputer" adalah sistem pelaksanaan ujian nasional yang menggunakan komputer sebagai medianya. Berbeda dengan sistem ujian pada tahun 2015 kebawah, karena pada tahun tersebut Indonesia masih menggunakan sistem ujian berbasis kertas (PBT). Walaupun ada beberapa sekolah yang sudah melakukan uji coba pelaksanaan Ujian Nasional menggunakan komputer.Tapi cuma uji coba, dan pasti masih ada kesalahan - kesalahan yang harus diperbaiki.

Perkembangan CBT/UNBK di Indonesia

Dalam perkembangannya, sistem ujian berbasis komputer tersebut bisa dibilang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Mengapa demikian? Karena dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, hampir seluruh propinsi di Indonesia sudah menggunakan ujian CBT sebagai medianya. Jika ingin mengetahui daerah mana saja yang sudah berada dalam lingkup UNBK, kalian dapat mengeceknya disini : https://ubk.kemdikbud.go.id/

Dan jika ingin melihat perkembangan UNBK di Indonesia dari segi "sekolah", kalian bisa melihat  perbedaannya di gambar berikut ini :

perkembangan sekolah unbk
18/10/2016
perkembangan sekolah unbk
01/4/2016
SMP/MTS : meningkat lebih dari 10x lipatnya.
SMA/MA   : meningkat lebih dari 8x lipatnya
SMK         : meningkat lebih dari 4x lipatnya
Dari informasi tersebut, jenjang sekolah SMK pada tahun 2016 berada di ranking teratas dengan jumlah terbanyak yaitu "2100 sekolah". Karena kemungkinan besar sekolah tersebut (SMK) sudah mempunyai peralatan yang memadai untuk digunakan sebagai media CBT. Misalnya, komputer, kabel lan(kabel internet), operator, installator (murid TKJ), dan juga Genset.

Keuntungan dan Kerugian CBT/UNBK

Semua hal tidaklah sempurna, begitu juga sistem ujian berbasis komputer. Adapun keuntungan dan kerugian yang ada dalam pelaksanaan sistem tersebut, berikut detailnya :
 
Keuntungan = 
  1. Menghindari kecurangan yang bersifat masal. (Baik sebelum ujian atau pada saat ujian). Ini bisa juga kerugian sih ...
  2. Menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari kayu sebagai komposisi utamanya.
  3. Terhindar dari kesalahan yang fatal, biasanya untuk yang menggunakan kertas selalu ada insiden yang terjadi. Mulai dari kertas sobek, tipis, salah tulis nama, dll.
  4. Kecepatan dalam proses pengerjaan soal UN.
 Kerugian =
  1. Jika listrik padam, bakal dibatalkan atau di undur. Kecuali sekolah tersebut sudah menyiapkan Genset.
  2. Apabila nomor dan password UNBK hilang, harus mengurusnya terlebih dahulu. Kalau tidak lancar/prosesnya lambat kemungkinan jadwal ulangannya akan diundur. Dan dilaksanakan setelah giliran terakhir (JAM 3).
  3. Tidak punya soal ujian CBT pada tahun sebelumnya (2016), di internet pun tidak ada. Jadi agak susah untuk mempelajari apa saja yang akan keluar di ujian CBT tersebut dan juga tidak ada yang akan dijadikan acuan.
Di blog ini juga mempunyai berkas - berkas soal simulasi latihan CBT offline : silahkan di cek sendiri : 
Download Aplikasi Ujian CBT Offline SMA/SMK/MA 
Download aplikasi ujian CBT offline SMP/MTS 
Download simulasi UNBK SMK 2017 

0 Response to "Pengertian CBT dan UNBK"

Post a Comment